Santunan Tuna Netra Bulan Sya’ban 1442 H

By | Maret 19, 2021

Alhamdulillahirabbal’alamin bi idznillah Pesantren Al-Qur’an Nurmedina telah melaksanakan kegiatan yang mulia berupa santunan tuna netra pada tanggal 18 Maret 2021.

Photo Bersama Pengasuh Pesantren al-Qur’an Nurmedina dan Sahabat Tuna Netra

Dalam kegiatan ini bukanlah diisi dengan kegiatan santunan belaka, melainkan didalamnya terdapat tilawah lantunan ayat al-Qur’an, pengajian-pengajian dan tahlil serta doa yang dipimpin langsung oleh sahabat tuna netra (dalam hal ini dipimpin oleh ustadz ari) dari awal tahlil sampai do’a dan diiringi juga sambutan-sambutan oleh pihak pesantren dan sahabat tuna netra.

Ibu Nurasiah, melantunkan ayat al-Qur’an secara tilawah

Kegiatan ini bukanlah merupakan yang pertama kali Nurmedina melaksanakan kegiatan santunan bersama sahabat tuna netra melainkan sudah ke sekian kalinya, namun ada beberapa point yang menjadi istimewa pada pertemuan kali ini, diantaranya adalah.

Kebahagiaan dan Temu Kangen dengan Sahabat Tuna Netra

Rasa kebahagian dan temu kangen yang tak terbendung ini muncul atas rahmat dan nikmat Allah sehingga dapat dipertemukan di malam jum’at dalam acara santunan tuna netra, dan juga rasa ini tumbuh setelah sekian lama Pesantren al-Qur’an Nurmedina belum dapat untuk melaksanakan kegiatan santunan acara tuna netra dikarenakan diberlakukannya PSBB dalam rangka mencegah penyebaran covid 19.

Dalam sambutan Ustadz Ari (Sambutan perwakilan dari sahabat tuna netra) menyampaikan kami sangat bersyukur dapat dipertemukan lagi di pesantren nurmedina khususnya kami sudah kangen betul dengan Ustadz Endang Husna Hadiawan(Pengasuh Pesantren Al-Qur’an Nurmedina) setelah satu tahun kita gak bertemu nih ustadz.

Sambutan Ustadz Ari dari Sahabat Tuna Netra

Tentunya acara santunan tuna netra ini kami pihak pesantren Nurmedina tetap melaksanakan protokol kesehatan berupa tetap memakai masker dan ada pengecekan suhu tubuh terlebih dahulu.

Dilaksanakan Pada Bulan Rajab

Ada apa dengan bulan sya’ban? di bulan ini banyak terjadi peristiwa penting dalam islam, dan juga Islam memandang bulan Sya’ban sebagai salah satu bulan yang istimewa. Bulan ini merupakan bulan persiapan mental spiritual hamba untuk mengabdi sepenuhnya secara spiritual kepada Allah untuk bulan yang kita nanti-nantikan yakni Ramadhan.

1. Peristiwa yang terjadi di bulan sya’ban, Bulan diangkatnya amal-amal kita kepada Allah SWT

Hadis Nabi dari Utsamah bin Zaid : “Itu, bulan yang dilalaikan manusia antara bulan Rajab dengan bulan Ramadan. Aku ingin amalku tidak diangkat kecuali aku sedang berpuasa, ” (HR. Nasa’i)

2. Bulan terjadinya peristiwa perpindahan Qiblat

Surat al-Baqarah ayat 144,

قَدْ نَرٰى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِى السَّمَاۤءِۚ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضٰىهَا ۖ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۗ وَحَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ شَطْرَهٗ ۗ وَاِنَّ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ لَيَعْلَمُوْنَ اَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَّبِّهِمْ ۗ وَمَا اللّٰهُ بِغَافِلٍ عَمَّا يَعْمَلُوْنَ

Kami melihat wajahmu (Muhammad) sering menengadah ke langit, maka akan Kami palingkan engkau ke kiblat yang engkau senangi. Maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidilharam. Dan di mana saja engkau berada, hadapkanlah wajahmu ke arah itu. Dan sesungguhnya orang-orang yang diberi Kitab (Taurat dan Injil) tahu, bahwa (pemindahan kiblat) itu adalah kebenaran dari Tuhan mereka. Dan Allah tidak lengah terhadap apa yang mereka kerjakan.

Dan perinsitwa-peristiwa penting lainnya yang terjadi di bulan Sya’ban

Maka dari itu, kami ucapkan terima kasih donatur yang telah menyisihkan sebagian hartanya demi berlangsungnya acara santunan tuna netra ini, dan kami ucapkan pula terima kasih atas partisipasinya dalam acara tuna netra baik itu dukungan tenaga, pikiran, maupun pendanaan.

Wallahu a’lam bishawab. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *