Memperbanyak Dzikir 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

By | Agustus 29, 2020

Salah satu amalan yang disunahkan pada awal bulan haji dalam rangka menyambut hari raya kurban adalah dengan memperbanyak dzikir di 10 hari pertama bulan dzulhijjah. Dianjurkannya kita untuk memperbanyak amal shaleh di hari – hari ini tak lepas dari keistimewaan dan keutamaan dalam 10 hari pertama bulan dzulhijjah.

Hal ini selaras dengan apa yang terkandung dalam surat al-Fajr ayat 2 dan 3.

Tadabbur Surat al-Fajr Ayat 2 dan 3

Surat al-Fajr ayat 2

وَلَيَالٍ عَشْرٍۙ

“demi malam yang sepuluh,”

Dalam tafsir Ibn Katsir dijelaskan “Yang dimaksud dengan malam yang sepuluh adalah 10 dzulhijjah, sebagaimana juga yang dikatakan oleh Ibnu Abbas, Ibnu Zubair, Mujahid dan lebih dari 1 ulama Salaf dan Khalaf” .

Begitu mulianya hari di tanggal 10 dzulhijjah sampai – sampai allah bersumpah dengan hari ini, penjelasan serupa juga dilontarkan dalam tafsir yang diterbitkan oleh kementrian agama indonesia ;

“Berikutnya Allah bersumpah dengan “malam yang sepuluh”. Yang dimaksud adalah sepuluh hari pertama bulan Zulhijah, yang merupakan hari-hari yang sangat dimuliakan beramal pada hari-hari tersebut,…”

Dalam tafsir al-Qur’an terbitan kemenag menyebutkan bahwa isi dalam kata عَشْرٍۙ (Sepuluh) pada surat al-Fajr ayat 2 adalah 10 hari pertama bulan dzulhijjah, hal ini senada dengan Hadits nabi yang diriwayatkan oleh imam ahmad :

عن ابن عمر عن النبي قَالَ وَ مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمَ اللهُ, وَ لاَ أحَبَّ إِلَيْهِ مِنَ العَمَلِ فِيهِنَّ مِنْ هذِهِ الأَيَّامِ العَشْرِ, فَأَكْثِروا فِيْهِنَّ مِنَ التَّهْلِيْلِ والتَّكْبِيْرِ والتَّحْمِيْد

“Tidaklah ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan lebih Ia cintai dibanding melakukan amal ibadah di 10 hari bulan Zulhijjah. Maka perbanyaklah di 10 hari ini membaca Tahlil, Takbir dan Tahmid” (HR Ahmad, No. 5446, Hal. 323, Vol. 9)”

Surat al-Fajr ayat 3

وَّالشَّفْعِ وَالْوَتْرِۙ

“demi yang genap dan yang ganjil,”

Allah SWT melanjutkan sumpahnya dengan الشَّفْعِ (Genap) dan وَالْوَتْرِۙ (Ganjil), Tafsir kemenag menyingkap bahwa yang dimaksud الشَّفْعِ (Genap) dan وَالْوَتْرِۙ (Ganjil) dalam surat al-Fajr ayat 3 adalah hari raya kurban (10 Dzulhijjah) dan hari ‘Arafah (9 Dzulhijjah).

Amalan yang Paling Dicintai Allah di Bulan Dzulhijjah

Hadis Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Ibnu Umar tiada hari yang paling dicintai oleh allah dari pada orang yang melakukan amal shaleh di sepuluh awal bulan dzulhijjah.

berikut amalan – amalan yang dianjurkan untuk kita laksanakan bulan dzulhijjah ;

  1. Memperbanyak dzikir dan membaca al-Qur’an
  2. Memperbanyak Tasbih,  Tahmid, Tahlil, dan Takbir
  3. Memperbanyak ibadah puasa, terkhusus puasa tarwiyah (8 dzulhijjah) dan ‘arafah (9 dzulhijjah)
  4. Menunaikan ibadah Haji
  5. Melaksanakan shalat idul adha
  6. Menyembelih Kurban
  7. Memperbanyak Shadaqah, dll

Ulasan

Itulah alasan mengapa kita dianjurkan untuk memperbanyak dzikir, melakukan amal shaleh, juga menghindari larangan – larangan yang allah larang. Serta merta karena kita berada di hari – hari yang istimewa dan juga kita berada di bulan  mulia, bulan yang dilipat gandakan segala amal baik kita. Wallahua’lam bishawab.

Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Memperbanyak Dzikir 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah, kami tunggu ulasan dan perhatian anda di komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *