Menyambut Hari Raya Idul Adha dan Kurban 31 Juli 2020

By | Agustus 29, 2020

Hari raya Idul Adha atau hari raya qurban tahun 2020 jatuh pada tanggal 31 Juli, di hari yang tinggal menghitung hari ini mari kita mempersiapkan diri dalam menyambut hari raya kurban.

Amalan Menyambut Hari Raya Idul Adha

Berikut amalan yang dapat kita lakukan dalam menyambut hari raya ini :

  1. Memperbanyak amal soleh dan istighfar, tahlil dan tahmid di tanggal 22 juli hingga 30 juni 2020
  2. Melakukan Puasa Tarwiyah di tanggal 8 Dzulhijjah tepatnya tanggal 29 Juli 2020
  3. Melakukan Puasa Arafah 9 Dzulhijjah tepatnya tanggal 30 juli 2020
  4. Saat Hari raya kurban disunahkan tidak makan dan minum dari terbitnya fajar hingga selesai shalat ied
  5. Berangkat shalat ied dan pulangnya melalui jalan yang berbeda dengan tujuan memperbanyak silahturahim
  6. Memakai wangi – wangian saat hendak melaksanakan shalat ied

Dzulhijjah merupakan bulan haram yaitu bulan yang amat mulia, segala amal ibadah kita akan dilipat gandakan maka dari itu pada bulan ini khususnya untuk menyambut hari raya idul adha kita disunahkan memperbanyak amal shaleh.

Namun yang perlu diingat kita diharamkan untuk berpuasa pada hari raya idul adha dan hari tasyrik yaitu tanggal 31, 1, 2, 3 Agustus 2020.

Dalil Tentang Qurban dan Keutamaanya

Salah satu bukti kita sedang merayakan penyambutan hari ied ialah dengan memperdalam wawasan mengenai peringatan hari besar islam ini.

Berikut akan dipaparkan dalil hadits dan ayat al-Qur’an tentang qurban

Hadits Tentang Qurban

Hadits tentang keutamaan berkurban disebutkan dalam hadits riwayat imam tirmidzi dari ‘Aisyah ra No. 1413, Bab Keutamaan sembelihan, Rasulullah SAW Bersabda :

عَنْ عَائِشَةَ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا عَمِلَ آدَمِيٌّ مِنْ عَمَلٍ يَوْمَ النَّحْرِ أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ مِنْ إِهْرَاقِ الدَّمِ إِنَّهَا لَتَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَأَشْعَارِهَا وَأَظْلَافِهَا وَأَنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنْ اللَّهِ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ مِنْ الْأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا

dari ‘Aisyah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak ada amalan yang dilakukan oleh anak Adam pada hari Nahr (Idul Adhha) yang lebih dicintai oleh Allah selain dari pada mengucurkan darah (hewan kurban). Karena sesungguhnya ia (hewan kurban) akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan sungguh, darah tersebut akan sampai kepada (ridha) Allah sebelum tetesan darah tersebut jatuh ke bumi, maka bersihkanlah jiwa kalian dengan berkurban.”

Ayat al-Qur’an Perintah Berkurban

Secara ringkas surat yang sering kita dengar yakni al-Kautsar didalamnya terdapat perintah untuk melaksanakan ibadah qurban.

Perintah berqurban dalam surat al-Kautsar terdapat pada ayat ke 2

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

“Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).”

Dalam ayat di atas diperintahkan untuk melaksanakan ibadah shalat dan dilanjutkan dengan ibadah berkurban. Anjuran berkurban dalam al-Qur’an juga disebutkan dalam surat al-Hajj ayat 34 :

وَلِكُلِّ اُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِّيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّنْۢ بَهِيْمَةِ الْاَنْعَامِۗ فَاِلٰهُكُمْ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ فَلَهٗٓ اَسْلِمُوْاۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِيْنَ

“Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya. Dan sampaikanlah (Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah),”

Ulasan

Sudah seharusnya kita sebagai mukmin perlu menyambut dan merayakan peringatan hari – hari besar dalam islam baik itu dengan cara melakukan ibadah – ibadah sunah maupun memperdalam wawasan keilmuan kita tentang islam.

Terima kasih sudah membaca artikel mengenai Menyambut Hari Raya Idul Adha dan Kurban 31 Juli 2020, bila ada saran dan kritik silahkan berkomentar di bawah karena itu akan sangat berharga bagi perkembangan website nurmedina.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *