Kelebihan dan Kekurangan Pesantren Yatim Cahaya Madinah

Sebelum mendaftar, ada baiknya Anda ketahui dulu kelebihan dan kekurangan pesantren Yatim Cahaya Madinah. Meskipun sudah pasti lebih banyak kelebihan dibanding kekurangannya, tapi lebih baik Anda pahami dulu agar tidak kaget dengan suasana maupun kondisi pesantren tahfidz Al- Qur’an ini.

Pesantren Yatim Cahaya Madinah sendiri merupakan salah satu pondok pesantren tahfidz Al- Qur’an atau penghafal Al- Qur’an. Sehingga tiap santri dan santriwati yang sudah lulus dari pesantren ini diharapkan bisa membaca dan menghafal seluruh ayat kitab suci dengan lancar.

Selain menghafal Al- Qur’an, pondok pesantren Yatim Cahaya Madinah juga mengajarkan cara membaca Al- Qur’an yang benar dengan memperhatikan tajwid serta tahsinnya.

Kelebihan Pesantren Yatim Cahaya Madinah

Jika Anda mendaftarkan diri, saudara maupun buah hati ke pesantren Yatim Cahaya Madinah, akan ada beragam keuntungan dan manfaat yang bisa dirasakan. Antara lain yaitu:

Sederhana dan Penuh Rasa Kekeluargaan

Peondok pesantren Yatim Cahaya Madinah selalu mendahulukan prinsip kekeluargaan baik oleh para pengurusnya maupun kepada para santri dan santriwati. Hal ini pun menjadi salah satu ciri khas pondok pesantren yang ada di seluruh Indonesia.

Para santri di pesantren Yatim Cahaya Madinah juga selalu diajarkan cara menghargai dan menghormati orang lain baik itu teman, guru, orang tua, bahkan orang asing sekalipun. Karena hal ini juga menjadi salah satu ilmu dasar dalam agama Islam.

Tata Cara Pendaftaraannya Mudah

Untuk mendaftar ke pesantren Yatim Cahaya Madinah, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti foto kopi akta kelahiran, surat legalisir SKL (Surat Keterangan Lulus), pas foto calon santri, dan foto kopi KTP orang tua atau wali yang mewakili.

Dan karena pesantren Yatim Cahaya Madinah ini dibuat khusus untuk calon santri yang berstatus yatim, diperlukan surat keterangan meninggal bagi santri yatim maupun yatim piatu. Untuk santri yang berstatus tidak mampu, Anda juga bisa melampirkan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) karena terdapat fasilitas untuk santri dhu’afa dengan kuota terbatas.

Perlu Anda ketahui juga bahwa pesantren ini setara dengan pendidikan SMA/ MA dan sederajat. Jadi surat SKL yang dibutuhkan adalah surat SKL SMP/ MTs dan sederajat.

Gratis, Tanpa Dipungut Biaya Apapun

Pondok pesantren Yatim Cahaya Madinah ini menerima calon santri dan santriwati secara gratis, tanpa dipungut biaya apapun selama bisa memenuhi persyaratan penerimaan. Persyaratan penerimaannya sendiri terdiri dari poin – poin berikut ini :

  • Beragama Islam
  • Siswa tingkat SD/MI atau SMP/MTs dan sederajat
  • Memiliki dan memahami dasar agama serta bisa mematuhi tata tertib yang berlaku di pondok pesantren
  • Lulus ujian masuk dan psycho-test
  • Sanggup bertempat tinggal di pondok pesantren selama masa pembelajaran berlangsung

Kekurangan Pesantren Yatim Cahaya Madinah

Setiap pesantren pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing, begitu juga dengan pesantren Yatim Cahaya Madinah. Karena keterbatasan dana yang ada, fasilitas di pesantren ini bisa dibilang sederhana namun tetap cukup untuk memenuhi kebutuhan setiap santri dan santriwati yang belajar.

Kesederhanaan ini juga menjadi usaha pondok pesantren dalam menanamkan gaya hidup sederhana dan menghindari hal – hal duniawi yang berlebihan kepada santrinya.

Itulah dia kelebihan dan kekurangan pesantren Yatim Cahaya Madinah yang perlu Anda ketahui sebelum mendaftar. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa cek akun Instagram resmi pesantren Yatim Cahaya Madinah di @cahaya.madinah atau menghubungi customer service yang tercantum dalam akun tersebut.